Home / Hukum / Bupati Neneng Hasanah Yasin Dan 4 Pejabat Dinas Kabupaten Bekasi Jadi Tersangka KPK

Bupati Neneng Hasanah Yasin Dan 4 Pejabat Dinas Kabupaten Bekasi Jadi Tersangka KPK

KAB. BEKASI, DemokrasiNews.com – Bermula di hari Minggu (14/10/2018), petugas Komisi Pembrantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia melakukan pemeriksaan dokumen dan penyegelan ruangan Dinas PUPR, kemudian dilanjut ke esokan harinya yakni hari senin.

Sampai akhirnya pada hari Senin malam (15/10/2018), KPK menyatakan secara resmi Bupati Kabupaten Bekasi; Neneng Hasanah Yasin di tetapkan sebagai tersangka, diduga sebagai penerimaan suap terkait pengurusan perizinan proyek pembangunan Meikarta di Cikarang – Kabupaten Bekasi.

Ternyata selain Bupati Bekasi, ada 3 Kepala Dinas dan 1 Kabid yang turut menjadi tersangka, yaitu Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bekasi; Jamaluddin, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi; Sahat MBJ Nahor, Kepala Dinas Penanaman ModaL dan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Bekasi; Dewi Tisnawati, dan Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Kabupaten Bekasi; Neneng Rahmi.

Mereka disangkakan melanggar UU Pembrantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP jo Pasal 64 ayat 1 KUHP.

Laode menyebutkan Bupati Bekasi dan 4 pejabat Dinas Kabupaten Bekasi menerima duit dari pengusaha terkait pengurusan perizinan pembangunan Meikarta di Kabupaten Bekasi.

“Diduga realisasi pemberian sampai saat ini adalah sekitar Rp. 7 milyar melalui beberapa Kepala Dinas pada April, Mei, Juni 2018.

Total Komitmen Fee dalam kasus ini sebesar Rp. 13 milyar, suap diberikan kepada para Kepala Dinas tersebut untuk berbagai izin pembangunan proyek Meikarta.

“Keterkaitan sejumlah dinas dalam proses perizinan karena proyek tersebut cukup kompleks, yakni memiliki rencana pembangunan untuk apartemen, pusat perbelanjaan, rumah sakit dan area dunia pendidikan. Sehingga dibutuhkan banyak perizinan, diantaranya rekomendasi penanggulangan kebakaran, amdal, banjir, tempat sampah, hingga lahan makam,” pungkasnya.

Dengan adanya kejadian ini Media Demokrasi News dan beberapa media lainnya sempat menyatakan turut prihatin, semoga hal yang terbaik berjalan kedepannya, amin. (Nhs)

Lihat Juga

Kunjungan Kerja Dandim 0719/Jepara Bersama Forkopincam Kembang ke Area Perkantoran Proyek PLTU

JEPARA (Jateng), DemokrasiNews.com – Komandan Kodim 0719/Jepara Letkol Czi Fachrudi Hidayat ST di dampingi Forkopincam …

%d blogger menyukai ini: