Home / Daerah / Kembali Ditemukan Dugaan Penyelewengan Dana APBD TA 2018 di Kabupaten Sijunjung
Gambar : Plang Proyek/Pekerjaan dan Bukti Penggunaan Batu Kali yang Besar - Besar

Kembali Ditemukan Dugaan Penyelewengan Dana APBD TA 2018 di Kabupaten Sijunjung

SIJUNJUNG (Sumbar), DemokrasiNews.com – Kejadian yang sangat mengejutkan, berkaitan dengan salah satu perusahaan (kontraktor) yang mengerjakan pekerjaan pembangunan (proyek) di Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat. Dimana sumber dana proyek/pekerjaan tersebut berasal dari APBD Kabupaten Sijunjung, Tahun Anggaran (TA) 2018 dengan nilai paket :
1. Rp 201,002,000 lokasi di Nagari Silantai, dan nilai paket
2. Rp 281,480,000 lokasi di Nagari Tanjuang Labuah, yang tergabung dalam 1 Surat Kontrak Pekerjaan (SPK) dengan total nilai Rp. 482.482.000.

Perusahaan tersebut adalah CV. NOVEK ALI, lagi-lagi berasal dari Kabupaten Solok, tidak berasal dari Kabupaten Sijunjung. Berkaitan dengan perusahaan tersebut, wartawan media Demokrasi News bersama salah seorang warga Nagari Silantai menyambangi dimana tempat lokasi proyek/pekerjaan CV. NOVEK ALI, dan mendapatkan temuan di lapangan, temuan ini sangat erat kaitannya dengan kualitas proyek/pekerjaan yang di kerjakan oleh CV. NOVEK ALI dan diduga terjadinya penyelewengan anggaran dana proyek/pekerjaan, dengan merubah cara pelaksanaan pekerjaan dan spesifikasi teknis pekerjaan tersebut di lokasi, sehingga tidak sesuai seperti yang telah tertuang dalam RAB kontrak pekerjaan Pembuatan Rehap Saluran Irigasi Sawah Nongah Nagari Silantai, yang seharusnya di cor murni (beton K. 175), bukan di cor beton SIKLOPEN, namun temuan di tempat proyek/pekerjaan tersebut diduga banyak menggunakan jenis bahan batu kali yang ukuran nya jauh lebih besar-besar dari pada ukuran bahan krikil untuk coran murni (beton K. 175). Bila ditinjau dari perbandingan harga satuan di Kabupaten Sijunjung, cor murni (beton K.175) itu lebih besar harganya dari pada cor beton SIKLOPEN, begitu juga dengan kekuatannya, Hal ini dapat menyebabkan kerugian negara, baik dari hasil pekerjaan/proyek yang kualitasnya tidak sesuai maupun Anggaran APBD pekerjaan/proyek yang dimanipulasikan.

Senin (3/9), wartawan media Demokrasi News mendatangi Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Sijunjung dan menemui salah satu pejabat yang terkait dengan proyek/pekerjaan tersebut, yakni PPK nya sekaligus menjabat sebagai Kabid. DPUPR, yaitu Sdr. SUWARDJI. Saat ditanyakan terkait temuan dilapangan tersebut, SUWARDJI menjawab dan membenarkan, Kalau pekerjaan yang di kerjakan oleh CV. NOVEK ALI itu memakai jenis batu kali yang ukuran nya lebih besar-besar dari pada ukuran bahan untuk coran murni (beton K. 175).

“Saya nyatakan pekerjaan yang di kerjakan oleh CV. NOVEK ALI itu salah, sebab yang telah tertuang dalam RAB nya, memang pekerjaan tersebut adalah coran murni (beton K. 175), bahannya seperti krikil, pasir dan semen, bukan coran beton SIKLOPEN seperti menggunakan jenis batu kali yang berukuran besar-besar itu,” tegas SUWARDJI.

Lanjut wartawan media Demokrasi News, sekaligus mempertegas konfirmasi nya kepada Sdr. SUWARDJI tentang kelanjutan atas kejadian penggunaan bahan jenis batu kali yang berukuran besar-besar yang di gunakan oleh CV. NOVEK ALI, yang mana seharusnya pekerjaan yang berada di lokasi Sawah Nongah Nagari Silantai di pasang coran murni (beton K. 175) tersebut. Dan ini jawaban dari Sdr. SUWARDJI, “Kami akan segera panggil salah seorang dari pihak CV. NOVEK ALI untuk menanyakan tentang pekerjaan yang di kerjakan oleh CV. NOVEK ALI itu, yang sudah jelas salah dan juga menyalahi seperti yang telah tertuang dalam RAB, dan semua hasil pekerjaan nya yang salah itu harus di bongkar kembali, itu kan jelas pekerjaan nya salah dan juga menyalahi seperti yang telah tertuang dalam RAB, dan CV. NOVEK ALI harus mempertanggung jawabkan pekerjaan nya untuk membuat kembali seperti yang telah tertuang dalam RAB yaitu coran murni (beton K. 175),” kembali ditegas SUWARDJI.

“Kalau menurut saya yang salah itu tetap salah,” pungkas SUWARDJI. (JP)

Lihat Juga

Kunjungan Kerja Dandim 0719/Jepara Bersama Forkopincam Kembang ke Area Perkantoran Proyek PLTU

JEPARA (Jateng), DemokrasiNews.com – Komandan Kodim 0719/Jepara Letkol Czi Fachrudi Hidayat ST di dampingi Forkopincam …

%d blogger menyukai ini: