Home / Jabodetabek / Padepokan Gagak Lumayung Kota Bekasi Melestarikan Seni Budaya Banten
Foto : TB. Abah Mansyur, Guru Besar & Pendiri Padepokan Gagak Lumayung Kota Bekasi

Padepokan Gagak Lumayung Kota Bekasi Melestarikan Seni Budaya Banten

KOTA BEKASI, DemokrasiNews.com – Padepokan Gagak Lumayung Kota Bekasi merupakan Tempat atau Perkumpulan dimana didalamnya warga masyarakat Kota Bekasi dapat mempelajari berbagai Ilmu Kanuragan, seperti Pencak Silat dan Ilmu Debus. Disamping sebagai Tempat atau Perkumpulan untuk mempelajari Pencak Silat dan Ilmu Debus, Padepokan Gagak Lumayung juga sebagai pelestari seni budaya tradisi Banten asli.

Padepokan Gagak Lumayung berdiri sejak Tahun 1953. Pendirinya adalah TB. Abah Zakaria, yang sekaligus sebagai keturunan langsung dari Eyang Prabu Siliwangi dan Eyang Prabu Kian Santang. Sehingga Ilmu yang diajarkan Padepokan Gagak Lumayung ini merupakan ilmu turunan dari Eyang Prabu Siliwangi dan Eyang Prabu Kian Santang. Sedangkan jurus Pencak Silatnya bernama Tarian Tari Kolot Cimande Kebun Jeruk Hilir (TTK-CKJH).

“Padepokan Gagak Lumayung Kota Bekasi merupakan cabang dari Banten. Dan berdiri dari Tahun 1992, Disamping Kota Bekasi, ada pula cabang-cabang lainnya seperti di Garut, Bandung dan Sumedang. Ketiga daerah tersebut juga cabang dari Banten. Sedangkan saya sebagai Guru Besar dan Pendiri dari Padepokan Gagak Lumayang di Kota Bekasi ini,” ujar TB. Abah Mansyur.

Salah satu cara melestarikan seni budaya Banten, Padepokan Gagak Lumayung Kota Bekasi yang dipimpin TB. Abah Mansyur, sering mengikuti dan mengadakan pentas seni bela diri dan ilmu debus. Yang lebih menarik lagi, saat pentas seni beladiri dengan aktraksi debus dilaksanakan, dapat membuat pengunjung dan penonton berdebar-debar seperti diacara HUT Kota Bekasi dan acara – acara lainnya.

“Asal usul dari nama Padepokan Gagak Lumayung adalah diambil dari nama orang yang merupakan keturunan langsung dari Prabu Siliwangi. Sedangkan Bandrong dan Camar Putih merupakan pecahan dari Gagak Lumayung,” sambung TB. Abah Mansyur.

Sedangkan kaitannya Padepokan Gagak Lumayung dengan BPPKB (Badan Pembinaan Potensi Keluarga Besar Banten) adalah BPPKB mempunyai Padepokan Seni Beladiri yaitu Padepokan Gagak Lumayung.

“Diketahui, anggota Padepokan Gagak Lumayung di Kota Bekasi sudah banyak sekali, kurang lebih sudah Ribuan orang,” pungkas TB Abah Mansyur kepada awak media Demokrasi News, saat dijumpai dikediamannya di Jln. Raya Narogong, Kp. Markan, Kelurahan Bojong Rawalumbu, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi. (Masdar)

Lihat Juga

Sofyan Djalil: Sertifikat Tanah Untuk Rakyat Adalah Bukti Kepastian Hukum

JAKARTA, DemokrasiNews.com – DR. Sofyan Djalil SH, MA, M.ALD kelahiran Aceh Timur, Provinsi Aceh, pada …

%d blogger menyukai ini: