Home / Daerah / Pemkab Nias Sosialisasikan Program Taspen
Keterangan Foto : Sekda Nias; Drs. F. Yanus larosa, saat membuka acara sosialisasi Program Taspen

Pemkab Nias Sosialisasikan Program Taspen

KEPULAUAN NIAS (Sumut), DemokrasiNews.com – Pemerintah Kabupaten Nias melaksanakan sosialisasi program Taspen kepada seluruh ASN Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias, Jumat (09/03/2018), bertempat di Ruang Rapat Lt 3 kantor Bupati Nias.

Sosialisasi tersebut di Buka secara resmi oleh Sekda Nias; Drs. F. Yanus larosa mewakili Bupati Nias dan dihadiri Kepala kantor PT Taspen (Persero) Cabang kepulauan Nias, nara sumber dari PT Asuransi jiwa Taspen, Staf ahli Bupati Nias/Asisten, Kepala Dinas, Kepala Bagian, para Camat, serta undangan lainnya.

Sekda Nias; Drs. F. Yanus larosa menyampaikan, Sosialisasi ini sebagai salah satu bentuk pelayanan pro aktif bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkup Pemkab Nias. Sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, serta Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang manajemen ASN, bahwa salah satu hak ASN adalah gaji yang adil dan layak sesuai dengan beban kerja tanggungjawab dan resiko pekerjaan, namun harapan itu belum terwujudkan sebelumnnya pada saat ini, mengingat keuangan Negara yang belum memadai untuk menanggung beban penggajian bagi ASN aktif maupun yang telah pensiun.

Saat ini Pemerintah sedang mengkaji upaya peningkatan kesejahteraan ASN yang akan memasuki usia pensiun, antara lain melalui rencana mengubah Skema pembayaran pensiun dari model Pay As You Go menjadi model Fully Funded, dimana pada model baru ini dana pensiun berasal dari iuran pegawai selama masa kerja dan dari iuran Pemerintah sebagi pihak pemberi kerja.

Dengan Skema baru tersebut, diharapkan Tunjangan hari tua ASN lebih meningkat dan layak menghidupi pegawai saat masa pensiun, juga dimaksudkan agar pembayaran dana pensiun tidak sepenuhnya membebani APBN. Terang F.Yanus.

Dijelaskan Dia, PT Taspen (Persero) sebagai pihak yang telah dipercayakan oleh Negara untuk mengelola dana pensiun ASN, diharapkan mampu membuat terobosan baru yang dapat menambah nilai manfaat dari dana pensiun yang akan diterima oleh ASN saat telah memasuki masa purna tugas. (T.Harefa)

Lihat Juga

Sofyan Djalil: Sertifikat Tanah Untuk Rakyat Adalah Bukti Kepastian Hukum

JAKARTA, DemokrasiNews.com – DR. Sofyan Djalil SH, MA, M.ALD kelahiran Aceh Timur, Provinsi Aceh, pada …

%d blogger menyukai ini: