Home / Daerah / Sosialisasi BKKBN Dan DPR RI Di Kec. Sumpur Kudus, Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan, Menimbulkan Kekesalan Bagi Masyarakat

Sosialisasi BKKBN Dan DPR RI Di Kec. Sumpur Kudus, Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan, Menimbulkan Kekesalan Bagi Masyarakat

SIJUNJUNG (Sumbar), DemokrasiNews.com – (11/11) Sabtu, acara sosialisasi BKBBN yang bertempat dihalaman MTsN 6 Sijunjung, Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan, Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung, yang dihadiri oleh mitra kerja BKBBN yakni anggota DPR RI Komisi IX, BETY SHADIQ PASADIGOE, yang didampingi oleh kepala perwakilan BKBBN Provinsi Sumatera Barat, SYAHRUDIN, SH. MSI dan Opd BKBBN Kabupaten Sijunjung, Dra. RINA DEVITA. Ternyata menimbulkan kekesalan dan kekecewaan bagi masyarakat setempat.

Berawal dari salah seorang masyarakat setempat yang juga seorang Kader Program KB BKKBN, dikonfirmasi awak media Demokrasi News mengatakan, “Kami senang untuk datang menghadiri acara sosialisasi pelaksanaan program KB untuk kesejahteraan masyarakat di Nagari kami ini. Tetapi kami yang menghadiri undangan acara tersebut merasa kecewa dan kesal, karena pembagian ongkos yang hadir dalam acara tersebut diberikan oleh panitia tidak merata dan tidak adil. Karena kami yang menghadiri acara sosialisasi program KB di Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan di berikan ongkos uang sebanyak Rp. 50.000 per orang, sedangkan masyarakat yang hadir di Nagari Kumanis di beri ongkos oleh panitia Rp. 100.000.”

“Padahal dengan hari, tanggal dan bulan yang sama, cuman waktu yang berbeda, tapi bisa pembagian ongkosnya berubah dratis. Dari Rp. 100.000 berubah menjadi Rp. 50.000 sehingga ada selisih Rp. 50.000 per orang, coba dikalikan berapa ratus orang….? Ada apa dengan panitia sosialisasi program KB ini…? Kemungkinan ada oknum di panitia tersebut yang diduga sengaja berbuat curang atau korupsi. Kami tidak mengerti dengan panitia tersebut. Padahal kami tinggal dalam satu kecamatan cuman beda nagarinya. Hal tersebut harus segera di laporkan kepada ketua panitia tersebut, kalau perlu di laporkan ke Anggota DPR RI yang memberikan pidato pada acara tersebut.” Lanjutnya dengan kata-kata yang berapi-api.

Perkataan masyarakat setempat tersebut, mengglitik kami selaku kuli tinta, sebab disini diduga terdapat indikasi kecurangan yang menjurus kepada korupsi, sehingga kami menindak lanjuti kebeberapa orang yang berkaitan akan hal kegiatan tersebut.

Kemudian kami dari awak media Demokrasi News mencoba konfirmasi kepada pihak sekolah atau Ketua Komite MTsN 6 Sijunjung, Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan, dimana tempat kegiatan tersebut dilaksanakan, yakni DT Sumurajo dan mengatakan, “Saya ikut panitia pelaksana acara tersebut, tetapi saya belum menerima uang sepenuhnya dari Hamdani yang memberikan kepercayaan kepada saya untuk menyediakan segala keperluan acara tersebut, dan bahkan uang yang saya miliki masih belum cukup atau kurang untuk membayar tenda, snack, makan dan lain-lainnya dan termasuk uang transport itu, sementara biaya untuk acara tersebut hanya senilai Rp. 20 Juta,” ungkap DT Sumurajo.

Lain halnya yang disampaikan Hamdani, ketika awak media Demokrasi News konfirmasi, Ia menjelaskan bahwa, “Memang saya memberikan kepercayaan sama DT. Sumurajo untuk mengurus segala keperluan untuk acara yang di Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan, Kecamatan Sumpur Kudus. Untuk masalah pemberian ongkos uang Rp. 50.000 per orang nya atau yang lain-lain, saya tidak tahu menahu lagi, sebab saya sudah ada hitung-hitungan sama DT. Sumurajo,” ungkapnya.

Apapun alasannya, pada prinsipnya, kegiatan ini adalah kegiatan dari BKKBN bekerjasama dengan DPR RI, keduanya adalah lembaga negara, dan pastinya didalam penyelenggaraannya mengunakan uang negara, jadi bila ada penyelewengan uang negara, itu namanya korupsi, sudah seharusnya dikenakan Undang Undang (UU) Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Bila terjadi pembiaran dari pihak aparat hukum terkait kejadian ini, pastinya akan menjadi momok baru di Kabupaten Sijunjung, akibatnya menjadi sebuah krisis kepercayaan masyarakat terhadap aparatur Hukum terkait. (JP)

Lihat Juga

Kunjungan Kerja Dandim 0719/Jepara Bersama Forkopincam Kembang ke Area Perkantoran Proyek PLTU

JEPARA (Jateng), DemokrasiNews.com – Komandan Kodim 0719/Jepara Letkol Czi Fachrudi Hidayat ST di dampingi Forkopincam …

%d blogger menyukai ini: